Peta : Pengertian, Macam, Fungsi, Tujuan, Unsur dan Skala

Pengertian Peta, jenis/macam, fungsi, unsur dan Skala pada Peta akan saya uraikan dalam kesempatan ini, untuk itu silahkan kalian simak pembahasanya berikut ini. Hai sobat Pintarsiana diantara kalian pasti ada yang sudah belajar tentang Peta namun diantara kalian pastinya ada yang belum mengetahui jenis dan usnur pada peta ? nah, pada kesempatan ini Pintarsiana akan mencoba menguraikannya secara lengkap dan untuk itu tetap stay di sini ya :)


Pengertian Peta



Pengertian Peta, Macam, Fungsi, Tujuan, Unsur dan Skala

Peta adalah gambaran permukaan bumi. Dalam hal ini peta biasa di sebut dengan gambaran konvensional. Gambaran Konvensional adalah gambaran yang sudah lazim dan sudah diatur dengan aturan tertentu dan diakui secara umum. 

Berikut adalah Pengertian Peta, Macam, Fungsi, Tujuan, Unsur dan Skalanya :


Pengertian Peta Menurut Para Ahli


Menurut Erwin Raisz


Peta adalah gambaran konvensional permukaan bumi yang diperkecil seperti kenampakannya bila dilihat dari atas, serta ditambah tulisan dan keterangan sebagai penjelasan.


Menurut Soetaro Soerjosoemarno


Peta adalah suatu lukisan dengan tinta dari seluruh atau sebagian permukaan bumi yang diperkecil dengan perbandingan ukuran yang disebut skala atau kadar.


Menurut ICA (International Cartographic Association


Peta adalah gambaran konvensional dan selektif dari permukaan bumi dengan gejala fenomenanya yang diperkecil dengan skala tertentu dan ditampilkan pada bidang datar.



Macam - macam Peta



Ditinjau dari isinysa, Peta dapat di bedakan menjadi dua, yaitu :


1. Peta Umum


Peta umum adalah peta yang menggambarkan kenampakkan fisik (medan asli) maupun sosial ekonomi (medan buatan) yang terdapat pada suatu daerah yang dipetakan.


Peta umum dibedakan menjadi dua, yaitu :


1) Peta Topografi, yang menggambarkan permukaan bumi dengan reliefnya. Topografi berasal dari kata topos yang artinya Rupa/Bentuk, dan graphein yang artinya gambaran. Jadi, peta topografi adalah peta yang menggambarkan bentuk dan ukuran suatu daerah dan memuat keterangan-keterangan umum dan skala besar.


2) Peta Chorografi, ialah peta yang menggambarkan seluruh permukaan bumi secara umum, misalnya peta dunia dan atlas. Peta Chorografi ini menggunakan skala kecil.


2. Peta Khusus atau Peta Tematik


Peta khusus atau peta tematik ialah peta yang menggambarkan atau menampilkan satu aspek atau kenampakan tertentu, misalnya peta kepadatan penduduk, peta curah hujan, dan peta persebaran hutan bakau di Indonesia. Peta ini juga menggambarkan Peta Politik, peta ekonomi (hasil bumi), peta statistik, peta iklim, peta hasil tambang, peta irigasi, peta transportasi, peta pariwisata, dan lain sebagainya.



Fungsi, Tujuan dan Syarat pada Peta




1. Fungsi Peta



Peta mempunyai beberapa fungsi di berbagai bidang, antara lain untuk :

  • Menunjukkan posisi atau lokasi relatif (letak suatu tempat dalam hubungannya dengan tempat lain) di permukaan bumi
  • Memperlihatkan ukuran, karena melalui peta dapat di ukur luas daerah dan jarak-jarak diatas permukaan bumi
  • Memperlihatkan atau menggambarkan bentuk-bentuk permukaan bumi (misalnya bentuk benua, bentuk negara, atau gunung) sehingga dimensi dapat terlihat dalam peta.
  • Menyajikan data tentang potensi suatu daerah
  • Sebagai alat peraga, perencanaan, analisis dan pelaporan


    2. Tujuan Peta


    Tujuan pembuatan peta antara lain :
    • Sebagai Komunikasi dan informasi ruang
    • Menyimpan informasi
    • Membantu suatu pekerjaan, misalnya untuk konstruksi jalan, navigasi, atau perencanaan
    • membantu dalam pembuatan suatu desain, misalnya desain jalan
    • Analsisi data spesial, misalnya perhitungan volume


      3. Syarat-syarat Peta


      Peta yang baik harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
      • Konform (conform) artinya bentuk-bentuk bidang daerah, pulau, benua, yang digambarkan pada peta harus sesuai dengan bentuk aslinya, seperti yang terdapat dalam alam.
      • Ekudstan ( Equidistant) artinya jarak-jarak di peta jika dikalikan dengan skala harus sama dengan jarak yang sebenarnya
      • Ekuivalent (Equivalent) artinya luas daerah atau bidang yang di gambar di peta setelah diperhitungkan dengan skala luasnya harus sama dengan keadaan luas di lapangan atau sebenarnya.


        4. Unsur-unsur Peta (Komposisi/Komponen Peta)


        Agar peta dapat dengan mudah dibaca dan ditafsirkan serta tidak membingungkan bagi orang yang mempelajarinya, maka peta harus memuat unsur-unsur atau komponen peta yang sejelas-jelasnya sesuai dengan aturan atau kaidah pembuatan peta. Unsur-unsur tersebut antara lain :

        1. Judul Peta
        2. Skala Peta
        3. Garis tepi Peta atau border
        4. Garis Astronomi
        5. Petunjuk Arah
        6. Legenda
        7. Inset
        8. Sumber dan Tahun Pembuatan
        9. Letering
        10. Warna Peta
        11. Simbol Peta


        5. Skala Peta


        Skala Peta adalah angka yang menunjukkan perbandingan antara jarak di peta dengan jarak sesungguhnya di permukaan bumi. Misalnya, Peta berskala 1 : 100.000, artinya tiap jarak 1 cm di peta sama dengan jarak 100.000 cm di permukaan bumi. Rumus untuk menghitung skala peta adalah sebagai berikut :

        Skala Peta    =   Jarak di Peta
                                   Jarak di Bumi

        Penutup

        Itulah uraian dari Pengertian Peta serta Macam, Fungsi, Tujuan, Unsur dan Skala. Semoga ulasan kali ini dapat beranfaat. Mungkin  hanya ini saja yang dapat saya sampaikan, terimakasih buat sobat yang sudah membaca artikel ini, semoga bisa menambah pengetahuan kalian semua. Sekian dari saya sampai jumpa di pembahasan yang lainnya.

        Iklan Atas Artikel

        Iklan Tengah Artikel 1

        Iklan Tengah Artikel 2

        Iklan Bawah Artikel