20 Contoh Tari Tunggal Nusantara Beserta Asal Daerahnya di Indonesia

Contoh Tari Tunggal Nusantara Beserta Asal Daerahnya di Indonesia - Kamu Sudah Tahu Indonesia memiliki banyak jenis tari. Hal ini wajar karena Indonesia terdiri dari berbagai daerah dan pulau yang menyimpan keanekaragam budaya dan tradisi

Contoh Tari Tunggal Nusantara Beserta Asal Daerahnya di Indonesia

Contoh Tari Tunggal Nusantara Daerahnya Indonesia

Salah satu jenis tarinya adalah tari tunggal, yaitu tari yang hanya diperankan oleh satu orang penari saja. Tiap daerah biasanya punya bentuk tari seperti ini. Ingin tahu apa saja tarinya? Simak yuk, 20 contoh tari tunggal yang berasal dari berbagai daerah di nusantara;


1.Tari Kancet Ledo Dari Kalimantan(Dayak Kenyah)

Disebut juga tari Gong karena tari Kancet Ledo ini adalah sebuah tari dimana pementasannya dilakukan di atas sebuah gong besar. Penari yang melakukannya menggunakan pakaian adat Kalimantan dengan membawa property berupa bulu burung enggang. Biasanya dibawakan oleh seorang gadis, karena tema tari ini berkaitan dengan hidup gadis Kalimatan yang penuh kelembutan. Meskipun dibawakan tunggal, kadang tari ini juga dilakukan berpasangan.


2. Tari Gandrung Banyuwangi

Bentuk tarian khas daerah Banyuwangi yang menggambarkan ungkapan rasa syukur karena hasil panen yang melimpah. Salah satu 20 contoh tari tunggal ini selalu diiringi tabuhan gamelan dan beberapa alat music lain. Selain dipentaskan secara tunggal, tapi tari ini juga bisa dilakukan berkelompok.


3. Tari Taledhek Jawa Timur

Jawa Timur kaya akan seni tari, salah satunya tari Taledhek yang dipentaskan seorang wanita. Tari yang telah ada sejak zaman kerajaan kuno ini masih eksis hingga saat ini dan masih sering dipentaskan untuk acara budaya.


4. Tari Gambir Anom Jawa Tengah

20 contoh tari tunggal selanjutnya  menceritakan tentang kisah petualangan cinta Irawan putra Sang Arjuna atau yang disebut Gambir Anom. Gerakan tari ini khas layaknya orang berdandan. Seperti memakai riasan, menata alis hingga bercermin.


5. Tari Cokek Dari Betawi

Berpadu dengan budaya Tiongkok, tari ini juga diiringi music gambang kromo. Penarinya khas memakai kebaya dengan dengan iringan tarian pendamping oleh penari laki-laki dan perempuan. Saat pertunjukan penari akan mengajak tamu untuk berjoget bersama.


6. Tari Kancet Papatai dari Kalimantan

Masih berasal dari suku Dayak Kenyah, tari perang ini bercerita tentang kepahlawanan suku Dayak. Jadi, gerakannya selalu bersemangat, lincah dan gesit. Ditambah dengan teriakan khas suku Dayak. Dilengkapi dengan alat music Sape, tarian akan terlihat semakin hidup.


7. Tari Leleng Dari Kalimantan Timur

20 contoh tari tunggal ini juga berasal dari suku Dayak Kenyah. Mengisahkan tentang seorang gadis cantik bernama Utang Along oleh orang tuanya. Padahal ia telah memiliki kekasih. Sang gadis akhirnya melarikan diri ke hutan dan berputar-putar atau leleng karena kebingungan mencari kekasihnya.


8. Tari Hudoq Dari Kalimantan

Tari yang menceritakan legenda Raja Modang yang bernama Heleang Hebeun yang mempersunting putri Selau Sen Yeang keturunan dewa Apau. Kostum tari ini terbilang unik karena terbuat dari daun pisang berumbai-rumbai dari leher hingga kaki. Penari juga memakai topeng yang menyeramkan.


9. Tari Topeng Klana Dari Jawa Barat

Lahir dan berkembang di daerah Cirebon Jawa Barat, ciri khas tarian ini adalah penarinya yang selalu menggunakan topeng atau kedok sebagai aksesoris. Tarian ini mempunyai nama lain yaitu tari Romana yang terinspirasi dari tokoh cerita Ramayana, yaitu Rahwana. Gerak salah satu dari 20 contoh tari tunggal ini penuh dengan ekspresi marah, tertawa keras hingga mabuk. Sebagai pelengkap tarian ini diiringi lagu yaitu Gonjing dan Sarung Ilang.


10. Tari Dewa Memanah Dari Kutai Kartanegara

Tergolong tarian sacral karena hanya dipertunjukkan pada saat ritual Bepelas Sultan dan dilaksanakan di Keraton Kutai Kartanegara. Tarian yang digunakan untuk memanggil roh leluhur ini memiliki kostum kuning yang melambangkan keanggunan. Tari ini juga memiliki makna kekeluargaan dan tanggungjawab manusia dan alam.


11. Tari Serimpi Dari Jawa Tengah

Termasuk 20 contoh tari tunggal klasik karena kepopulerannya di Keraton Kasultanan Mataram. Dianggap sebagai tari sacral, tarian ini hanya dipentaskan saat prosesi pengangkatan sultan menuju tahtanya. Ciri khas tari ini adalah gerakannya yang lemah lembut lengkap dengan selendang sebagai property.


12. Tari Bondhan Dari Jawa Tengah

Berasal dari Surakarta, tari yang mengisahkan tentang kasih sayang Ibu kepada anaknya dan tema sejarah menjadi tarian uang wajib bagi setiap kembang desa. Tari tunggal ini mewakili perasaan dan perjuangan seorang Ibu. 

Terdapat tiga jenis tarian Bondhan, yaitu Bondhan pegunungan, Bondhan Madisiwi dan Bondhan Cindigo. Kisah setiap tarian juga berbeda, tapi tetap bercerita tentang kasih wanita sebagai Ibu kepada anaknya.


13. Tari Golek Manis Jawa Tengah

Tari golek termasuk 20 contoh tari tunggal yang memiliki filosofi mengajarkan manusia untuk mencari tuntunan atau petuah dari persembahan tari yang dipertunjukkan. Gerakan khas tari ini adalah gerakan perempuan yang layaknya sedang berdandan dan yang lainnya.


14. Tari Golek Kenya Dari Jawa Tengah

Merupakan tarian klasik gaya Yogyakarta, tari ini dibawakan oleh remaja putri dengan variasi gerakan dan koreografi. Dengan iringan gending ladrang irama I dan II, fungsi tarian ini adalah untuk membentuk kepribadian anak ke masa remaja.


15. Tari Merak Dari Sunda

Berasal dari tanah Sunda, tari merak merupakan bagian tari tunggal yang melambangkan gerakan elegan dan indah dari burung merak betina dan jantan yang sedang kasmaran. Ciri khas tarian ini adalah penari akan memakai selendang layaknya ekor burung merak yang berwarna-warni. Tidak lupa juga mahkota di kepala dengan motif burung merak.


16. Tari Pendet Dari Bali

Tari tradisional Bali ini adalah tari yang dipentaskan saat acara penyambutan tamu terhormat. Keindahan gerakan tariannya bahkan telah terkenal hingga ke mancanegara. Mimic wajah serta sorot mata tajam penarinya seakan membangkitkan rasa anggun dan telah menjadi ciru khas tarian ini.


17. Tari Gambyong Dari Jawa Tengah

Mirip dengan tari Tayup, nama tari ini diambil dari seorang penari tledek bernama Gambyong. Penari ini terkenal dengan suaranya yang merdu serta wajah yang cantik. Pertama dipentaskan di Keraton Surakarta atas permintaan Sinuhun Paku Buwono IV dan menjadi terkenal hingga dinamakan tari Gambyong.


18. Tari Kecak Dari Bali

Tari yang berkisah tentang pewayangan Ramayana memang terinspirasi cerita Ramayana dan ritual sanghyang. Sebuah ritual dimana penarinya konon berkomunikasi dengan roh para leluhur dan seakan tidak sadar selama pementasan. Nama tari ini sendiri berasal dari kata “cak…cak…cak..”, yaitu teriakan dari anggota  pertunjukan tari yang mengelilingi sang penari.


19. Tari Jaipong Dari Karawang Jawa Barat

Satu lagi tarian yang berasal dari tanah Sunda yaitu tari Jaipong. Tarian ini terkenal dengan ciri khas semi erotis dan tabuhan alat music gendang. Biasanya tarian ini dibawakan oleh Sinden perempuan dan masih eksis hingga saat ini sebagai hiburan rakyat.


20. Tari Legong Dari Bali

Dimainkan oleh seorang wanita lengkap dengan busana adat Bali dengan warna kuning keemasan dan hiasan kepala. Diiring alunan music gamelan Bali dan rancak dan bersemangat.  Mulanya tari tunggal ini berkembang di keraton Bali. Berawal dari mimpi pangeran Sukowati yang melihat gadis menari dengan gemulai. Hingga sekarang tarian ini selali dibawakan seorang gadis yang menari di bawah sinar bulan purnama.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel