50 Puisi Hari Pahlawan (Peringatan Hari Pahlawan 10 November)

Contoh Puisi Hari Pahlawan (Peringatan Hari Pahlawan 10 November)! Puisi siapa sih yang tidak mengenalnya? Sebuah karya yang dibuat oleh seseorang entah dengan tujuan sekadar karya yang dibukukan atau dilombakan, rupanya memiliki makna yang mendalam. Terlebih di zaman modernisasi seperti sekarang ini.

Puisi Hari Pahlawan

Puisi Hari Pahlawan (Peringatan Hari Pahlawan 10 November)

Pembuatan puisi tidak terbatas pada karya yang dibacakan di depan kelas atau lomba classmeeting semata. Uniknya bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan. Namun, sering kali seseorang kesulitan dalam menjabarkan kata-katanya. Supaya mudah, di bawah ini adalah tips yang bisa digunakan dalam membuat puisi bertemakan hari pahlawan!

Menentukan Tema

Di mana pun tempatnya sebelum Anda membuat sebuah karya sudah pasti harus menentukan sebuah tema. Tema akan mengacu pada apa yang akan Anda buat, seperti apa dan bagaimana nantinya. Termasuk dalam membuat puisi hari pahlawan ini. Pastinya Anda sudah paham betul, bukan jika puisi ini bertemakan pahlawan?

Membuat Judul Puisi

Setelah menentukan tema apa yang akan dibuat, waktunya untuk Anda menentukan judul puisi. Judul puisi bisa diambil dengan kata-kata yang unik, menarik, atau bermakna mendalam. Tidak perlu terlalu panjang hingga membeberkan segala rahasia sebuah karya. Untuk sebuah puisi, judul dengan jumlah kata sampai 4 saja sudah cukup. 

Lebih pentingnya lagi, karena Anda akan membuat puisi untuk hari pahlawan maka gunakanlah judul yang berhubungan dengan temanya. Jangan sampai judul tidak sesuai karena bisa-bisa pembaca kecewa. Bukan hanya itu saja, karya Anda pun akan dianggap tidak layak nantinya. 

Menambahkan Kata-Kata

Proses selanjutnya Anda tinggal masuk ke ranah pembuatan puisi. Mungkin pertama Anda akan kesulitan, maka tips dari kami adalah dengan melihat beberapa contoh puisi dengan tema serupa. Coba Anda baca puisi tersebut, pahami maknanya dan penggunaan katanya. Untuk dapat membuatnya gunakan cara serupa.

Meskipun Anda masih menggunakan metode acuan seperti ini, dalam hal pembuatan karya tidak masalah. Asalkan yang terpenting saja Anda tidak melakukan copy paste. Anda bukan hanya memperhatikan penggunaan katanya saja, dalam pembuatan puisi hari pahlawan ini juga perhatikan huruf belakang yang mereka gunakan. Apakah teratur atau acak-acakan.

Perhatikan Penggunaan Gaya Bahasa

Pembuatan Puisi tema pahlawan biasanya memanfaatkan gaya bahasa dan intonasi yang tinggi. Namun, penggunaan bahasanya sederhana. Terkadang ada yang menggugah semangat, terkadang ada pula yang membuat orang tersadar. Selain memperhatikan gaya bahasa, perhatikan pula tanda bacanya. Berikut ini contoh puisinya!


Hai pahlawan! 

Di mana kau letakan keberanian?

Hai pahlawan!

Di mana kau simpan teriakan semangat?

Hai Pahlawan!

Kini, ada di mana dirimu?

Wahai pahlawanku

Aku sadar, Milyaran hari semakin berlalu

Milyaran hari tak terhitung berujung semu

Namun, kini tak kutemui sosokmu.

Tinggalah kenangan bayang-bayang semangat menggebu

Namun, kibaran juangmu terus tumbuh di dalam kalbuku.


Itulah contoh puisi yang bisa Anda jadikan acuan. Pilihan kata-katanya memang terbilang sederhana, namun di sana tampak beberapa majas digunakan. Beberapa bait juga mengambil akhiran huruf yang serupa. Oleh karenanya, dengan memperhatikan beberapa hal yang sudah disebutkan di atas, sudah pasti Anda akan semakin paham.

Sejumlah puisi tentang hari pahlawan mungkin memang tidak menyiratkan nada tinggi untuk disampaikan. Akan tetapi, hal tersebut tidak menghilangkan maknanya semangat juang. Untuk bisa membuatnya lebih dalam lagi kesannya, jangan lupakan tips membuat puisi hari pahlawan, ya!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel