50 Puisi Peringatan Hari Pahlawan Seru, Memotivasi dan Menyentuh Hati

Puisi Peringatan Hari Pahlawan Terbaru  - Pahlawan Untukmu Yang Cinta Negeri! Apa yang anda pikirkan bila mendengar kata pahlawan? Tentunya terbayang orang-orang yang rela mengorbankan jiwa, raga,  harta dan benda demi kemakmuran dan kesejahteraan negeri tercinta. Apalagi,  mereka dikenal sebagai orang yang rela kehilangan jiwanya demi mempertahankan harkat dan martabat bangsa. Banyak diantara mereka yang gugur di medan perang. Namun demikian  tak sedikit yang masih bertahan sampai saat ini. 

Puisi Peringatan Hari Pahlawan

Puisi Peringatan Hari Pahlawan

Setiap negara memiliki kisah kepahlawanannya masing-masing terkhusus Indonesia. Selama berabad-abad dijajah oleh negara asing, Indonesia mampu merdeka dengan kekuatan seluruh bangsanya. Tak sedikit pahlawan yang gugur saat melakukan perlawanan. Pahlawan akan selalu terkenang di jiwa seluruh masyarakat Indonesia. Inilah yang membuat pemerintah membuat hari khusus untuk mengenang para pahlawan yang telah berkontribusi dalam kemenangan bangsa Indonesia. 

Ada banyak cara dalam mengenang jasa para pahlawan, salah satunya adalah dengan menciptakan puisi sebagai bentuk kecintaan terhadap mereka yang telah berjasa dalam kemerdekaan negara Indonesia. Beberapa penyair berlomba untuk mengarang tulisan-tulisan indah demi membuat jiwa patriotisme terus ada dalam segenap masyarakat. Puisi pahlawan kini dapat dengan mudah anda temui dimana saja. 

Kumpulan Puisi Pahlawan Yang Menyentuh Hati

Cukup mudah untuk mengutarakan segala perasaan mengenai orang yang kita cintai, salah satunya dalam mengagumi sosok para pahlawan yang semestinya dicintai oleh para penduduk negara kita. Oleh karena itu untuk mengenang anda dapat membuat sebait demi bait puisi meskipun hal tersebut tak cukup untuk menebus semua jasa mereka. 

Namun apabila anda menemukan kesulitan dalam membuat puisi pahlawan, anda dapat melihat beberapa contohnya dalam ulasan berikut ini. Adapun puisi-puisi ini dapat anda jadikan referensi dalam membuat puisi yang menggugah jiwa dan raga dalam dunia kepahlawanan. Selain itu, anda juga dapat menambahkan kata-kata pelengkap untuk membuat puisi bertambah nilai estetika dan kealamian nya. Lalu bagaimana puisi-puisi kepahlawanan tersebut?  Simak ulasannya berikut ini. 


Senja tak tertuah 

Langit-langit menghitam

Cakrawala hendak berpulang

Sayang sungguh sayang

Seribu langkah tak cukup tuk menghantar

Kebisuan mana lagi kan mengudara

Sebab hamba tak mampu berucap jeda

Tak terdengar raung meraung

Hanya dikau menghampakan

Senja

Senja manalagi kan menatap

Senja manalagi kan berujar? 

.... 

Demi cita 

Apabila awan berarak pulang

Mentari kan menyambut walau terik

Hujan mereda walau gerimis menghadang

Tanah-tanah berujar sajak kepergian

Darah mengering 

Hangus sudah drama cita

Hangus sudah drama cinta

Bumi mana kan berpijak dalam pelarian? 

.... 

Pulang 

Aku ingin pulang

Melepas segala dahaga akan kerinduan

Aku ingin terbenam

Seiring mentari yang meninggalkan setiap duka

Namun jemari tak mampu menghitung asa

Negeri ku belum tersenyum

Adakah harap dapat menebus semua luka? 

Sedang aku masih berdiri disini

Menanti Tuhan memanggil nyawa demi nyawa

... 

Tumpah ruah 

Bumi berguncang

Peluru demi peluru menemukan sarangnya

Duka airmata tak terhingga jumlahnya

Namun raga tak berhenti bergerak

Meski tak lagi dapat berdiri tegak diatas pangkuan

Tidak! 

Bumi masih berselimut duka

Tak ada guna berdiam sebab hanya suka menepi

Kita kan begerak

Hingga tak ada lagi duka menghampiri


Demikianlah beberapa puisi pahlawan yang dapat anda jadikan referensi dalam membuat puisi dengan tema serupa. Entah dalam pengumpulan tugas di sekolah atau hanya sebagai koleksi pribadi. Jiwa patriotik haruslah kita miliki agar negara tak kehilangan cinta dari para warganya.  Semoga informasi ini dapat membantu Anda. Selamat berpuisi. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel